KUMPULAN HADIST TENTANG IMAM MAHDI

Kumpulan hadits-hadits Nabi tentang Imam Mahdi sebagai tanda permulaan berakhirnya zaman. Semoga memperkaya khazanah pengetahuan kita.

Berikut ini kami susun sekumpulan hadits-hadits yang mengabarkan kemunculan Imam Mahdi hingga turunnya Nabi Isa Alayhis Salam.


hadist imam mahdi


 Hadits tanda-tanda kemunculan Imam Mahdi:

 Ibnu Mas'ud dari Nabi Sholallahu Alayhi Wasallam,"Apabila gelegar suara terjadi di bulan Romadhon, maka panas matahari terjadi di syahru Syawal, ketegangan antar bangsa terjadi di syahru Dzulkaidah, pertumpahan darah di syahru Dzulhijjah dan pada Muharom, tahukah kamu apa yang akan terjadi di syahru Muharom?" Ia mengulanginya samapai 3 kali. Lalu ia melanjutkan,"Wasapadalah dan waspadalah! Manusia akan dibantai pada waktu itu, kekacauan demi kekacauan akan terjadi." Kemudian Ibnu Mas'ud berkata,"Kami bertanya,'Apakah arti suara keras itu ya Rasulullah? Beliau menjawab,' suara keras di pertengahan bulan Romadhon pada malam Jum'at. Suara itu akan membuat bangun semua orang yang tidur,membuat duduk semua orang yang berdiri dan para gadis keluar dari kamarnya. Pada malam Jum'at di tahun itu banyak terjadi gempa. Jika kamu sudah sholat subuh di Jum'at pagi, maka masuklah kalian ke rumah masing-masing, tutuplah pintu dan lubang angin, selimuti tubuh kalian serta tutuplah telinga kalian. Jika kalian mendengar gelegar suara maka sujudlah kepada ALLAH sambil membaca, Subhanal Malikil Quddus Subhanal Malikil Quddus. Sesungguhnya yang berbuat itu akan selamat dan tak akan binasa. Nu'aim bi Hammad hal. 60


Dari Amirul Mukminin Ali bin Abi Tholib,"Dia (Imam Mahdi) muncul dalam kesamaran lalu memproklamirkan diri. Sejak itu, mulailah namanya disebut-sebut dan kekuasaanya ditegakkan. Al-Bihar ju 52 hal 3.

Hadits Gelegar Suara di Malam Jum'at Bulan Romadhon Tanda Imam Mahdi Muncul

Diceritakan dari Muhamad bin Ali ia berkata,"(Apabila ada suara keras) di bulan Romadhon pada malam Jum'atmaka dengarkanlah dan patuhilah, sedang di akhir siang, suara iblis yang terkutuk berseru,'Ketahuilah seseungguhnya si fulan terbunuh karena dizalimi.' Hal itu membuat manusia ragu dan menjadi ujian bagi mereka. Berapa banyak orang yang menjadi ragu lagi bingung pada hari itu. Maka apabila kalian mendengar suara keras di bulan Romadhon yakni pada awalnya maka janganlah kalian ragu bahwa itu ialah suara Jibril dan tandanya adalah bahwa ia memanggil nama Mahdi dan nama ayahnya.

Rasulullah Sholallahu Alayhi Wasallam bersabda,"Bila telah muncul suara di bulan Romadhon, maka akan terjadi huru-hara di syahru Syawal...,Kami bertanya: "Suara apakah ya Rasulullah? Beliau menjawab:"Suara keras di pertengahan bulan Romadhon pada malam jumat, akan muncul suara keras yang membangunkan orang tidur, membuat orang berdiri jatuh terduduk, para gadis keluar dari kamarnya, pada malam Jumat di tahun terjadinya banyak gempa. Jika kalian sudah melaksanakan sholat Subuh pada hari Jumat, masuklah kalian ke dalam rumah kalian, tutuplah pintu-pintunya, tutuplah lubang-lubangnya dan selimutilah badan kalian,sumbatlah telinga kalian. Jika kalian merasakan suara menggelegar, maka bersujudlah kalian kepada ALLAH dan ucapkanlah Subhanal Quddus Subhanal Quddus Robbunal Quddus, karena barang siapa melakukan itu akan selamat, tetapi yang tidak melakukan itu akan binasa." (Al-Fitan no hadits 625, 630, 635)

Hadits Pembunuhan Jiwa yang Suci (An-Nafs Az-Zakiyah) di Masjidil Harom ialah Tanda Terakhir Kemunculan Imam Mahdi

Adapun malapetaka dan tanda terakhir adalah terjadinya pembunuhan terhadap jiwa yang suci. Ketika itulah akan muncul Imam Mahdi yang mempunyai siroh yang diridhoi. Kitab Iqd Ad-Duror

Nu'aim bin Hammad juga meriwayatkan hadits dari'Ammar bin Yasir ia berkata,"Apabila suatu jiwa yang suci terbunuh dan saudaranya terbunuh di Mekah secara sia-sia, maka sebuah suara di langit berseru,'Sesungguhnya pemimpin kalian ialah si fulan. Itulah Mahdi yang akan memenuhi bumi dengan kemakmuran dan keadilan.

Hadits Sufyani Keluar sebelum Imam Mahdi muncul

Hadzlam bin Basyir meriwayatkan bahwa Imam Ali Zainal Abidin berkata,"Apabila Sufyani telah keluar, maka Imam Mahdi akan sembunyi dan muncul setelah itu." Al-Bihar juz 52 hal 312312

"Suatu pasukan akan menyerang ka'bah. Ketika mereka berada di suatu padang pasir, mereka semua ditenggelamkan. Kemudian mereka akan dibangkitkan berdasarkan niat mereka masing-masing."(Hadits Riwayat Bukhori dan Ibnu Majah dari Aisyah).

"Suatu golongan dari umatku akan ditenggelamkan. Mereka dikirim untuk menangkap seorang laki-laki. Kemudian ia datang ke Mekah. Lalu ALLAH mencegah mereka dan mereka ditenggelamkan. Tempat kebinasaanmereka adalah sama tetapi asal mereka berbeda-beda. Sesungguhnya diantara mereka terdapat orang yang terpaksa, maka ia akan datang dalam keadaan terpaksa."(Hadits Riwayat At- Thobarani dari Ummu Salamah)

Hadits Munculnya Gunung Emas saat Sungai Eufrat Mengering Tanda Imam Mahdi Muncul

"Sungai Eufrat hampir menyingkap gunung emas. Ketika orang-orang mendengarnya, maka mereka bergerak menuju ke sana. Lalu seseorang berkata,'Demi ALLAH, jika orang-orang dibiarkan mengambilnya, maka mereka pergi semuanya. Lalu mereka berperang karenanya hingga sembilan puluh sembilan dari seratus orang akan terbunuh."(Ahmad bin Hambal dan Muslim meriwayatkandari Ubay)

Kiamat tidak akan terjadi hingga sungai Eufrat menyingkap gunung emas yang membuat orang berperang karenanya. Lalu sembilan dari setiap sepuluh mereka akan terbunuh."(Ibn Majah meriwayatkan dari Abu Huroiroh dan At-Thobarani dari Ubay)

Hadits Penolakan Umat Islam atas 12 Orang Lelaki yang Mengabarkan akan dekatnya kemunculan Imam Mahdi

Imam Ja'far Ash-Shodiq,"Tidak akan bangkit Al-Qaim (Imam Mahdi) sampai 12 orang lelaki bangkit terlebih dahulu. Semuanya itu telah sepakat sudah melihat Beliau(Imam Mahdi), tetapi umat mengingkari mereka." Al-Bihar juz 52 hal 244

Hadits Imam Mahdi Pemimpin di Surga

Nabi Sholallahu Alayhi Wasallam,"Kami 7 orang dari keturunan Abdul Mutholib adalah pemimpin para penghuni surga yakni Aku, Hamzah, Ali, Ja'far, Hasan, Husein dan Imam Mahdi" Al-Bihar juz 51 hal 65

Hadits Krisis Politik Saudi Arabia Sebelum Imam Mahdi

Imam Ash-Shodiq berkata,"Siapa yang dapat menjaminku dengan kematian Abdullah, maka aku akan menjaminnya dengan kebangkitan Imam Mahdi." Kemudian beliau melanjutkan,"Apabila Abdullah telah mati, manusia tidak akan bisa menemukan kata sepakat dan perselisihan mereka tidak akan ada titik temu kecualiImam Mahdi datang kepada mereka. Kekuasaan yang telah berlanjut bertahun-tahun lamanya itu segera lenyapdiganti dengan kekuasaan lain dalam hitungan bulan atau hari."Lalu aku bertanya,"Apakah masa itu berlangsung lama?" Beliau menjawab,"Sungguh masa itutidak akan lama!" Al-Bihar hal 210

Imam Ash-Shodiq berkata,"Sementara manusia wukuf di Arofah, tiba-tiba datang seorang penunggang unta yang ringan mengabarkan kematian sang khalifah. Pada saat itulah terbuka kelapangan pada keluarga Muhamad dan manusia seluruhnya." Al-Bihar hal 240

Dari 'Ammar bin Yasir, Ia berkata,"Tanda-tanda kemunculan Mahdi yaitu apabila orang-orang Turki mendatangi kalian, khalifah kalian yang gemar mengumpulkan harta telah mati. Sesudahnya yang akan menjadi khalifah adalah seorang laki-laki lemah yang dipecat setelah beberapa tahun pembaiatannya. Lalu munculnya tiga orang di Syam dan keluarnya pasukan barat ke Mesir. Itulah tanda kemunculan Sufyani.

Imam Muhamad Al-Baqir berkata,"Akan muncul Al-Qoim pada tahun ganjil; sembilan, satu, tiga dan lima." Lalu beliau berkata,"Lalu Bani Abbas berkuasa dan senantiasa menggunakan politik kekerasan. Mereka bergelimang kemewahan sampai mereka saling berselisih dan lenyaplah kekuasaan mereka. Lalu, orang timur (Rusia) dan barat (Amerika) saling bertikai, termasuk kalangan ahli kiblat (Saudi). Semua manusia gundah akibat kejadian yang menimpa mereka. Mereka terus dalam keadaan demikian sampai sang penyeru memanggil dari langit. Jika sudah demikian, maka larilah dan larilah." Al-Bihar hal 235.

Hadits munculnya bintang berekor dari timur selama beberapa malam tanda-tanda Imam Mahdi muncul

Imam Ja'far Ash-Shodiq berkata,"Jika kalian melihat api besar datang dari arah timur beberapa malam, maka pertanda datangnya kelapangan bagi umat manusia. Danitu artinya dekatnya masa kebangkitan Imam Mahdi." Al-Bihar juz 52 hal 240.

Hadits Perang Dunia 3 dan Proses Pembaiatan Imam Mahdi

"Jika perdagangan-perdagangan dan jalan-jalan terputus, fitnah (bencana) banyak terjadi, maka muncullah tujuh ulama dari negara yang berbeda tanpa sebelumnya ada perjanjian di antara mereka. Masing-masing mereka dibaiat oleh tiga ratus sekian belas laki laki lalu mereka berkumpul di Mekah. Lalu ketujuh ulama berjumpa, sebagian dari mereka bertanya kepada yang lain,'Apa sebab kedatangan kalian?' Lalu mereka menjawab,'Kami datang untuk mencari seseorang yang melalui tangannya bencana-bencana ini akn reda, Konstantinopel akan ditaklukkan. Kami telah mengenal namanya, nama ayahnya, nama ibunya, dan perhiasannya". Maka ketujuh ulama itu sepakat mencari bersama-sama, lalu mencarinya, kemudian menemuinya (Imam Mahdi) di Mekah. Mereka pun bertanya, Kamukah Fulan bin Fulan?' Orang itu menjawab,'Tidak, Aku seorang laki-laki Anshor'. Ia pun meninggalkan mereka. Lalu, mereka menceritakan kejadian itu kepada orang yang berpengalaman dan berpengetahuan mengenai orang itu (Imam Mahdi), lalu dijawab kepada mereka,'Justru Ialah orang yang kalian cari itu, padahal Iatelah pergi ke Madinah.
'Mereka pun mencarinya ke Madinah, akan tetapi Ia justru menghindari mereka ke Mekah, Lalu mereka mencarinya ke Mekah, Merekapun mendapatinya. Mereka bertanya,'Engkau Fulan bin Fulan, Ibumu Fulanah binti Fulan, dan pada dirimu ada tanda begini dan begini, sedangkan Engkau telah menghindari kami satu kali, maka bentangkan tanganmu, Kami akan berbaiat kepadamu. 'Orang itu menjawab,'Aku bukan orang yang kalian cari, Aku Fulan Al-Anshori,',sehingga Ia pun menghindari mereka.
Merekapun mencarinya di Madinah, tetapi Ia berselisih jalan dengan mereka pergi ke Mekah. Lantas, mereka mendapatinya di Mekah di samping Rukun Hajar Aswad. Mereka pun berkata,'Dosa kami dan leher kami menjadi beban kamu apabila kamu tidak bersedia memberi tanganmu untuk kami baiat. Lihatlah, tentara Sufyani telah berangkat untuk mengejar kami.' Lalu,' Ia duduk diantara "Rukun" dan "Maqom". Ia membentangkan tangannya lalu dibaiat. ALLAH menumbuhkan rasa cinta kepadanya di hati manusia, lalu Ia (Imam Mahdi) berjalanbersama mereka seperti singa di siang hari dan seperti pendeta di malam hari."(Al-Fitan, Bab: Berkumpulnya Manusia di Mekah)

Hadits Masa Subur, Aman dan Nikmat saat Imam Mahdi Berkuasa

Nu'aim bin Hammad meriwayatkan hadits dari Ka'ab dariQatadah, ia berkata,"Mahdi adalah sebaik-baik manusia, para penolong dan pembaiatnya terdiri dari penduduk Kufah, Yaman dan para wali abdal dari Syam. Jibril berada di depannya dan Mikail sebagai pengiringnya. Dia dicintai sekalian makhluk. Dengannya ALLAH memadamkan fitnah buta. Bumi menjadi aman sampai-sampai seorang wanita bersama empat wanita lainnya berhaji tanpa perlu ditemani seorang laki-laki pun. Tiada sesuatupun yang ditakuti kecuali ALLAH. Bumi memberikan zakatnya, dan langit menurunkan berkahnya.
Ahmad, al-Bawardi dalam al-Ma'rifah, dan Abu Nu'aim meriwayatkan hadits dari Abu Sa'id ia berkata,"Rasulullah Sholallahu Alayhi Wasalam bersabda,'Bergembiralah kalian dengan kedatangan Imam Mahdi. Dia seorang laki-laki Quroisy dari keturunanku yang diutus kepada umatku karena terjadinya perselisihan manusia dan banyaknya bencana.Lalu ia memenuhi bumi dengan keadilan sebagaimana kezaliman memenuhinya. Seluruh penduduk langit dan bumi ridho kepadanya, harta dibagi dengan benar secara merata di antara manusia. Hati semua umat Muhamad Sholallahu Alyhi Wasalam penuh dengan kekayaan dan keadilannya meliputi mereka, hingga ia memerintahkan seorang untuk berteriak,'Siapa yang mempunyai kebutuhan denganku? Namun tidak ada yang mendatanginya kecuali seorang laki-laki yang datang meminta kepadanya. Lalu penyeru Al-Mahdi berkata kepadanya,'Datangilah penjaga agar ia memberikan kepadamu.' Lalu ia mendatanginya dan berkata,'Aku adalah utusan Mahdi kepadamu agar engkau memberiku harta. Lalu ia berkata,'Berilah aku'. Maka penjaga memberikannya, tetapi ia tidak mampu membawanya. Lalu ia melemparkannya hingga tinggalah barang seukuran yang mampu dibawanya dan ia keluar membawanya lalu ia menyesal dan berkata,'Aku adalah umat Muhamad Sholallahu Alayhi Wasalam yang jiwanya paling serakah. Semuanya pernah diperintah ke harta itu tetapi mereka meninggalkannya kecuali aku.' Lalu ia mengembalikannya kepadanya. Tetapi penjaga berkata kepadanya,'Sesungguhnya kami tidak akan menerima sesuatu yang telah kami berikan.' Maka ia pun diam dalam keadaan demikian selama enam, tujuh, delapan, atau sembilan tahun dan tiada kebaikan pada kehidupan sesudahnya.
"Al-Bazzar meriwayatka hadita dari Jabir ia berkata,"Rasulullah Sholallahu Alayhi Wasalam bersabda,'Akan ada seorang khalifah pada umatku yang memberikan harta sebanyak-banyaknya dan tidak menghitung-hitungnya." Hadits Riwayat Muslim Bab 4 no. 2235

Hadits Mengenai Sufyani Pemimpin Suriah Menjelang Kemunculan Imam Mahdi

Di dalam hadits ada 3 Sufyani; Sufyani Shodom liman arodhohu, Sufyani Pertama dan Sufyani Kedua.Maka dia pergi ke Madinah dan menghunus senjatanya pada kaum Quroisy, sambil membunuh mereka dan orang-orang Anshor sebanyak 400 orang, membelah perut wanita dan membunuh anak-anaknya. Lalu dia membunuh dua saudara dari Quroisy, seorang lelaki dan perempuan yang bernama Muhamad dan Fatimah. Lalu keduanya disalib di pintu masjid Madinah." Al-Bihar hal. 88.

Dari Kitab Ad-Duror. Dan diantara tanda-tandanya pula adalah munculnya Sufyani si anak wanita pemakan hati dari lembah tandus, tindaknnya sewenang-wenang, pengerahan pasukannya yang memiliki hati yang keras serta wajah-wajah muram. Ia meruntuhkan madrasah-madrasah dan masjid-masjid, menyiksa setiap orang yang rukuk dan sujud, menampakkan kezaliman, penyelewengan dan kerusakkan. Ia menang dan menguasai negeri-negeri, membunuh ulama', mulia dan ahli zuhud karena membolehkan mengalirkan darah yangdiharamkan, menentang keluarga Nabi Muhamad Sholallahu Alayhi Wasalam dengan penentangan sekeras-kerasnya, berani merendahkan jiwa-jiwa yang mulia, tenggelamnya suatu pasukan di Baida yang ditelan bumi dan orang-orang yang bersama mereka baikyang penduduk asli maupun bukan, sebagai balasan terhadap apa yang mereka lakukan, dan orang-orang yang menghianati mereka sebagai pelajaran bagi sekalian hamba sementara apa yang mereka cita-citakantidak mereka capai

.Hadits mengenai munculnya Panji Hitam Tanda-tanda Imam Mahdi Muncul

Hadzlam bin Basyir Menyatakan, "Aku bertanya kepada Ali bin Al-Husein Zainal Abidin,'Gambarkan padaku petunjuk petunjuk dan tanda-tanda keluarnya Imam Mahdi?' Lalu, Beliau berkata,"Sebelum kemunculannya (Imam Mahdi), akan keluar laki-laki bernama 'Auf As-Salami di bumi Al-Jaziroh , berlindung di Tikrit dan terbunuh di Masjid Damaskus. Setelah itu, keluarlah Syu'aib bin Sholih dari Samarkand. Kemudian, datang Sufyani yang terkutuk dari lembah kering, dan dia adalah keturunan 'Utbah bin Abu Sufyan. Apabila Sufyani telah muncul, Imam Mahdi akan bersembunyi sementara waktu kemudian muncul keluar"(Al-Bihar juz 52 hal 213 mengutip dari Ghoibah Ath-Thusi)

Nu'aim bin Hammad meriwayatkan dari Ali bin Abu Tholib Ia berkata,"Akan muncul seorang pria sebelum Mahdi dari Ahlul baitnya di sebelah timur yang membawapedang di pundaknya selama delapan belas bulan. Ia berperang serta menuju ke Baitul Maqdis, namun ia tidak dapat sampai kepadanya hingga matinya.

"Hadits Pasukan Koalisi Barat menyerbu Mesir Tanda Imam Mahdi Muncul

Di antara tandanya adalah adanya seorang laki-laki pincang yang berasal dari kandah. Ia muncul dari maghrib (Barat). Senantiasa ia berjalan dengan pasukannya dan kekuatan hatinya hingga ia mengalahkan Mesir. Kitab Iqd Ad-Duror

Advert

addvert