Letak Tembok Yakjuj dan Makjuj menurut Quran

Jika kita ingin mengetahui dimana letak tembok yajuj dan majuj maka Al-Quran telah memberitahukan kepada kita dimana letak tembok yang di buat oleh Dhul-qarnayn untuk yajuj majuj atau sering disebut gog magog atas izin Allah swt

tembok yajuj majuj

Al-Quran menjelaskan dalam QS. Al-Kahfi 84-86:

Artinya:
“Sesungguhnya Kami telah memberi kekuasaan di (muka) Bumi dan Kami telah memberikan kepadanya jalan (untuk mencapai) segala sesuatu. Maka diapun menempuh suatu jalan.
Hingga apabila dia telah sampai ketempat terbenam matahari, dia melihat matahari terbenam di dalam laut yang berlumpur hitam, dan dia mendapati di situ segolongan umat. Kami berkata: “Hai Dzulkarnain, kamu boleh menyiksa atau boleh berbuat kebaikan (hanya menawan) terhadap mereka"

Dzulqarnain menempuh salah satu jalan yang arahnya menuju ke barat kemudian ia melihat matahari terbenam ke dalam laut. silahkan anda datang ketepian pantai disaat waktu magrib anda akan melihat mata hari sedang terbenam dalam laut. Ini menunjukkan bahwa Dzulqarnain perjalanannya terhalang oleh laut. laut dalam ayat di atas memiliki ciri khusus yaitu laut yang berlumpur hitam. dan di seluruh dunia jika anda mencari laut yang berlumpur hitam itu hanya ada di wilayah asia tengah yang dinamakan dengan Laut hitam ( Black sea). kemudian Dzulqarnain membalik arahnya menuju ke Arah timur sebagai mana dalam surah al-kahfi ayat 89-91:

Artinya:
“Kemudian dia menempuh jalan (yang lain). Hingga apabila dia telah sampai ke tempat terbit matahari (sebelah Timur) dia mendapati matahari itu menyinari segolongan umat yang Kami tidak menjadikan bagi mereka sesuatu yang melindunginya dari (cahaya) matahari itu. Demikianlah, dan sesungguhnya ilmu (ilham) Kami meliputi segala apa yang ada padanya (persenjataan dan balatentara)”.

kemudian Dzulkarnain berbalik arah menuju ke sebelah timur. kearah matahari terbit (timur). Jika anda pergi ke laut sebelah timur maka lihat waktu pagi anda akan melihat mata hari sedang terbit seolah-olah keluar dari dalam lautan. maka jika Dzulkarnain membalik arah ke timur ia hanya akan mendapati satu laut yang bisa menghalanginya yaitu laut Kaspia (silahkan lihat peta). Dilanjutkan pada QS. Al-Kahfi ayat 92-93

Artinya:
“Kemudian dia menempuh suatu jalan (yang lain lagi). Hingga apabila dia telah sampai di antara dua buah gunung, dia mendapati di hadapan kedua gunung itu suatu kaum yang hampir tidak mengerti pembicaraan.”

dan ternyata setelah kita teliti dua buah pegunungan yang saling berhimpitan dan Keduanya adalah deretan gunung yang tersambung antara kanan dan kirinya hingga tersambung dengan laut hingga membentuk benteng adalah pegunungan Kaukasus. jika baca wikipedia pengunungan Kauksus adalah salah benteng yang membatasi antara Asia dan Eropa. Dulu di saat manusia hanya menggunakan perjalanan darat maka jelas pegunungan Kaukasus dijadikan laluan antara asia dan Eropa setelah Nabi Dzulkarnain membuat dinding pembatas maka terputuslah hubungan antara Asia dan Eropa.

Dulu Ya'juj dan Ma'juj tinggal di wilayah utara pegunungan Kaukasus yaitu wilayah eropa timur. Mereka sering datang dalam pasukan besar melewati celah pegunungan Kaukasus ke Asia untuk menjarah penduduk yang mendiami wilayah selatan pegunungan Kaukasus. sehingga Dzulqarnain membuat batasan. Maka sejak itu putuslah hubungan antara Asia dan Eropa kecuali melewati jalan laut. Sebagaimana dijelaskan dalam QS. Al-Kahfi ayat 95-96

Artinya:
“Zulqarnain berkata: Apa yang telah di kuasakan oleh Tuhanku kepadaku terhadapnya adalah lebih baik, maka tolonglah aku dengan kekuatan (tentara dan alat alat) agar aku membuatkan dinding antara aku dan mereka  Berilah aku potongan-potongan besi" Hingga apabila besi itu telah sama rata dengan kedua (puncak) gunung itu, berkatalah Dzulqarnain: Tiuplah (api itu)". Hingga apabila besi itu sudah menjadi (merah seperti) api, diapun berkata: "Berilah aku tembaga (yang mendidih) agar kutuangkan ke atas besi panas itu".

sangat jelas gambaran dalam ayat di atas bahwa Dzulkarnain membuat dinding antara dua pegunungan sebagai pembatas. bukan menutup lobang yang dalam anggapan sebahagian orang bahwa Dzulkarnain menutup lobang kemudian Ya'juj dan Ma'juj terkurung di bawah tanah.

Wallahu'alam
Jika antum menyukai artikel kami silahkan tinggalkan jejak dikomentar dan share sebagai jariyah kebaikan kepada Umat

0 Response to "Letak Tembok Yakjuj dan Makjuj menurut Quran"

Post a Comment

Advert

addvert